Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahundi Ra Al-Kamal Laud Dendang T.A 2018/2019

Patimah Patimah, Jasper Simanjuntak

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung anak khususnya dalam proses penjumlahan dan pengurangan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Al-Kamal Laud Dendang T.A 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain true experimental design dengan bentuk pos-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang ada di RA Al-Kamal yang berjumlah 56 orang anak. Teknik  pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel secara acak dengan undian. Pengambilan pertama yakni memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pengundian 2 dari 3 kelas. Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yakni kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen berjumlah 17 orang anak dengan mnerapkan metode bermain peran (role playing) sedangkan kelas kontrol berjumlah 17 orang anak dengan metode bercerita. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas eksperimen memiliki nilai terendah 12, nilai tertinggi 18 dengan nilai rata-rata 15,41 berada pada kategori sangat baik (A) yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki nilai terendah 10, nilai tertinggi 16, dengan nilai rata-rata 12,47 berada pada kategori baik (B). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung anak pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan anak kelas kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung  = 4,777; nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,6996. Nilai thitung  = 4,777 > ttabel = 1,6996. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh signifikan metode bermain peran (role playing) terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Al-Kamal Laud Dendang T.A 2019/2020.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v5i2.16205

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 639 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.