Pengaruh Menggambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun” Di Tk Daruz Zikra Medan Tuntungan TA 2019/2020

Eka Sriwahyuni, Nasriah Nasriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggambar terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK DARUZ ZIKRA T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di kelas B dengan mengambil 100% jumlah populasi yang ada pada TK DARUZ ZIKRA yaitu sebanyak 22 orang responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode semu (quasi eksperimen) dengan bentuk the equivalent time samples design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah menggambar dan variabel terikat adalah kecerdasan visual spasial. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data analisis dengan menggunakan metode deskriptif dan uji tes Q chocran, yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kecerdasan visual spasial anak berkembang dengan baik dan mengalami peningkatan ketika diajarkan dengan pembelajaran menggunakan kegiatan menggambar dibandingkan ketika tidak diberikan dengan menggambar, dilihat dari uji test Q chocran diperoleh Qhitung ˃ X2tabel yaitu 390,8815789 ˃ 15,507 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa menggambar memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK DARUZ ZIKRA MEDAN TUNTUNGAN Tahun Ajaran 2019/2020.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.26157

Article Metrics

Abstract view : 377 times
PDF - 1175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.