Study Tentang Pemberdayaan atau Penggunaan Alat Musik Sederhana Pada Kegiatan Bernyanyi di TK Wesley Kota Kaban Jahe

May Sari Lubis, Isa Hidayati, Siska Priskilla Kaban

Abstract


Penelitian bertujuan untuk melihat dan menggambarkan efektivitas guru dalam mengembangkan kecerdasan musik anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi dengan menggunakan alat musik oleh guru maupun peserta didik pada PAUD yang berada di Kecamatan Kaban Jahe Kabupaten Karo yakni TK Wesley Kota Kaban Jahe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawacara, dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2021 dalam satu kali kegiatan dengan subjek penelitian guru dan siswa-siswi TK Wesley Kota Kaban Jahe. Berdasarkan data yang diperoleh, guru di TK Wesley Kota Kaban Jahe belum sepenuhnya dapat mengembangkan dengan baik kecerdasan musik anak usia dini dengan pemanfaatan alat musik saat kegiatan bernyanyi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian para guru dalam menerapkan penggunaan alat musik dalam kegiatan bernyanyi serta menjadi acuan bagi pendidik anak usia dini dalam dalam menyiapkan program peningkatan kompetensi pendidik anak usia dini di bidang pengembangan kecerdasan musik anak usia dini.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30587

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.