Pelatihan Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan KOSP dan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD
Abstract
Artikel ini membahas terkait implementasi pelatihan interaktif untuk meningatkan kompetensi guru dalam penyusunan kurikulum operasional satuan Pendidikan (KOSP) dan modul ajar berbasis kurikulum merdeka di lembaga PAUD. Permasalahan yang melandasi program ini adalah kesulitan yang dialami oleh guru mitra dalam menysuusn KOSP, menentukan peta konsep, rancangan kegiatan, penilaian, serta umpan balik pada proses pembelajaran. Berdasarkan analisis situasi tersebut program ini mengusung solusi pelatihan interaktif bagi guru dalam mengembangan KOSP dan modul ajar berbasis kurikulum merdeka di lembaga PAUD. Adapun metode pelaksanaan PkM ini adalah melalui pelatihan interaktif yang dilakukan secara blended (daring-luring) dengan melibatkan 25 guru dari lima lembaga mitra di wilayah Bandung. Hasil pelaksanaan program menunjukkan antusias yang sangat tinggi dari para partisipan. Selain itu, partisipan juga menunjukkan peningkatan dalam aspek pemahaman terkait kebijakan kurikulum merdeka, implementasi kurikulum merdeka, penyusunan KOSP dan modul ajar berbasis krukulum merdeka di lembaga PAUD.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52406
Article Metrics
Abstract view : 122 timesPDF - 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.