Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD

Tesya Cahyani Kusuma

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana profil pelajar Pancasila digunakan sebagai metode penerapan kurikulum Merdeka di PAUD. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan menelaah jurnal, buku, makalah, dan publikasi terkait lainnya. Hasil dari prosedur pengumpulan data akan dicatat, ditelaah, dan dideskripsikan. Temuan dari penelitian ini meliputi 1) proyek untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila dan 2) implementasi Merdeka Belajar di PAUD. Berdasarkan temuan kajian literatur sistematis yang dilakukan secara systematic literature review (SRL), ditemukan bahwa ada sejumlah tantangan dalam meningkatkan profil pelajar Pancasila selama implementasi kurikulum merdeka, meliputi hakikat dan urgensi dari  “merdeka  belajar” yang belum sepenuhnya dipahami  sehingga  penguatan   profil   pelajar   Pancasila belum optimal, Ilmu Teknologi yang dimiliki oleh pendidik masih terbatas dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, dan waktu yang terbatas dalam penerapan profil pelajar Pancasila. Dengan adanya kurikulum Merdeka di PAUD, profil pembelajar Pancasila dapat diimplementasikan melalui pembelajaran sepanjang hayat dengan kompetensi global yang sesuai dengan cita-cita Pancasila.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52443

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 479 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.