Pola Asuh Demokratis dan Kreativitas Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kreativitas anak usia dini yaitu ketakutan orang tua terhadap aktivitas bermain anak di luar rumah serta batasan yang diberikan orang tua kepada anak dalam berpendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian korelasional kuantitaif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunak an pada penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan uji korelasi. Penelitian dilakukan di TK Manaratul Islam Jakarta Selatan dengan mengambil responden sejumlah 70 orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Hasil penelitian didapatkan dengan uji korelasi Pearson Correlation Product Moment dengan nilai signifikansi 0,340 dan nilai koefisien sebesar 0,004. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang lemah dengan arah hubungan positif. Artinya jika variabel pola asuh demokratis pada taraf tinggi, maka variabel kreativitas akan tinggi juga.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52446
Article Metrics
Abstract view : 90 timesPDF - 158 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.