Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota

Ika Rachmayani, Octafiany Nari Palunte, Baik Nilawati Astini, Baiq Nada Buahana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyesuaian perangkat ajar pembelajaran dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota Mataram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Subjek pada penelitian ini sebanyak 1 guru dan 8 anak kelompok B dengan Objek penelitian model pembelajaran berbasis projek. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase 90,27% berdasarkan uji coba produk oleh ahli. Pelaksanaan model pembelajaran berbasis projek kurikulum merdeka pada setiap tahap pengembangannya dengan persentase pengembangan I yang dilaksanakan oleh guru sebesar 83,33%, untuk perkembangan anak sebesar 68,43% dan tahap pengembangan II untuk guru sebesar 91,66% dan untuk perkembangan anak sebesar 85,93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Aletheia Ampenan Kota Mataram sudah terlaksana sesuai dengan capaiannya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52976

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.