Pentingnya Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Ilmi Tahirah, Ismawati Ismawati, Megawati Megawati, Herman Herman, Rusmayadi Rusmayadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyoroti betapa signifikannya peran orang tua dalam membentuk kemampuan sosial dan emosional anak pada masa yang paling krusial dalam perkembangannya. Bagaimana peran orang tua dalam membangun fondasi emosional yang kuat dan mengembangkan keterampilan sosial yang esensial pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan melakukan penelitian literatur yang mencakup teori-teori yang berkaitan dengan masalah penelitian, data yang dikumpulkan dan dianalisis sebagian besar berasal dari literatur. Hasil dari penelitian ini, bahwa pada masa usia dini, membangun fondasi emosional yang kuat dan menumbuhkan keterampilan sosial yang esensial pada anak memiliki arti penting dalam membentuk dasar yang kokoh bagi perkembangan mereka secara menyeluruh. Orang tua dan lingkungan sekitar berperan sangat penting dalam memberikan dukungan, bimbingan, dan rangsangan yang tepat guna membantu anak mengembangkan keterampilan untuk mengelola emosi, berinteraksi secara positif dengan orang lain, dan membangun hubungan yang sehat

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198

Dhani, H. R., Muslihin, H., & Rahman, T. (2023). Literature Review:Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2122

Gunawan, M. T. R., & Hoerudin, C. W. (2022). Kesadaran Emosi Anak Usia Dini. IZZAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://izzan.stai-sabili.net/index.php/JM/article/view/2

Hidayah, F. (2023). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Belajar Kelompok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7942–7956. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AOptimalisasi

Kusdi, S. S. (2019). Peranan Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6253

Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok a. Mimbar Ilmu, 24(2), 212. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21261

Mariana. (2021). Kestabilan Emosi pada Anak Usia Dini dalam Pengaruh Perkembangan Sosial Agama. Journal of Psychology and Child Development, 1(1), 12–13. https://doi.org/10.37680/absorbent

Nofrika, D. S. (2022). Pandangan Orang Tua Tentang Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 110–114. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.57

Pak, K., Estherika, E., Hutajulu, S. T., Silaban, A., & Manik, K. (2024). Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora https://publisherqu.com/index.php/pediaqu Vol. 3, No. 2 April 2024. 3(2), 736–755.

Rahayu, D. R., Yulianti, Y., Fadillah, A. E., Lestari, E., Faradila, F., & Fitriana, D. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 887–892. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1189

Rifai, A. (2022). Cara Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Paud. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(1), 15–20.

Salsabilah, N., Jadidah, I. T., Rosyada, A., Primadona, D., & Lestari, A. (2023). Analisis Perilaku Bersosialisasi Anak Usia 6-12 Tahun Di Panti Asuhan Titipan Ilahi. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 2(04), 316–325. https://doi.org/10.62668/bharasumba.v2i04.580

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Suprayitno, M. A., & Moefad, A. M. (2024). Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda Muslim di Era Globalisasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1763–1770. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3658

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Wulandari, T. (2021). The Development of Children’s Emotional: A Systematic Literature Review OPTIMA: Journal of Guidance and Counseling THE DEVELOPMENT OF CHILDREN’S EMOTIONAL: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. 1(2), 13–27.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaam. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v10i1.61363

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 537 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.