UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI GERAK DAN LAGU

Kamtini Kamtini, Sri Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui gerak dan lagu di PAUD Ananda Medan Amplas. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Amplas T.A 2014/2015. Subjek Penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 25 orang ( 14 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan ). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif. Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Hasil analisis data setelah diberikan tindakan 1 yaitu melalui gerak dan lagu adalah terdapat 4 orang anak (16%) yang memiliki kecerdasan kinestetik baik, 10 orang anak (40%) yang memiliki kecerdasan kinestetik cukup dan 11 orang anak (44%) yang memiliki kecerdasan kinestetik kurang. Pada siklus I kecerdasan kinestetik rata-rata 1,74. Hasil analisis data pada siklus II dari 25 orang anak terdapat 18 orang anak (72%) yang memiliki kecerdasan kinestetik baik, 7 orang anak (28%) yang memiliki kecerdasan kinestetik cukup dan tidak ada yang memperoleh kecerdasan kinestetik kurang. Pada siklus II ini kecerdasan kinestetik rata-rata 2,68.  Hasil penelitian menunjukan pengaruh yang positif bahwa dengan gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Amplas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v1i2.9231

Article Metrics

Abstract view : 389 times
PDF - 452 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

ALAMAT REDAKSI:

Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons

                Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.