PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA IBNU HALIM TJ. MULIA HILIR MEDAN
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini memiliki populasi yang terdiri dari 3 kelas, yakni kelas A, kelas B dan kelas C yang berjumlah 45 siswa. Dengan menggunakan sampel sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak (random) yang masing-masing kelas terdiri dari 15 siswa, dimana kelas A sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan permainan lego dan kelas C sebagai kelas kontrol yang menggunakan permainan puzzle. Instrument pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Untuk mendeskripsikan data penelitian digunakan teknik analisis statistik deskriptif, dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 10,2 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8, dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 6,06 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 4. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan terlihat bahwa thitung = 10,324 > ttabel = 1,701 yang menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan : “Ada pengaruh yang signifikan antara permainan lego terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di R.A Ibnu Halim Tj. Mulia Hilir Medan”.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v1i2.9232
Article Metrics
Abstract view : 299 timesPDF - 255 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.