Mengembangkan Sikap Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dengan Metode Pembelajaran Kooperatif
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sikap sosial anak melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Penelitian tindakan ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitia tindakan kelas dilakukan di kelas B yang berjumlah 18 orang di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa yang terdiri 9 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan 3 bulan mulai Januari – Maret. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Adapun indikator yang dibuat menyesuaikan diri dengan teman sejawat, menyesuaikan diri dengan teman sebaya, bersikap kooperatif dengan temannya, memahami perasaan orang lain, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Pada Siklus I ditemukan perkembangan sikap sosial anak yang tergolong kurang sebanyak 16,6%, yang tergolong cukup sebanyak 33,4%, yang tergolong baik sebanyak 50%, sedangkan yang tergolong sangat baik 0,0%. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan sikap sosial anak, namun masih kurang optimal. Pada Siklus II ditemukan data bahwa perkembangan sikap sosial anak meningkat, di mana perkembangan sikap sosial anak tergolong cukup terdapat 16,6% , tergolong baik terdapat 33,4%, dan tergolong sangat baik terdapat 50%. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan sikap sosial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jud.v2i1.9295
Article Metrics
Abstract view : 714 timesPDF - 909 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Email : jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.