Author Guidelines
informasi tentang cara penulisan
Adapun format penulisan artikel pada Jurnal ini sebagai berikut:
Artikel yang diterima belum pernah diterbitkan pada jurnal atau media cetak lainnya. Naskah diketik dengan spasi 1,5 pada kertas ukuran A4, panjang tulisan 10-15 halaman dengan sebagai berikut :
- Artikel diutamakan mengenai hasil penelitian baik pendidikan maupun non pendidikan bidang ekonomi, kewirausahaan, dan ilmu pengetahuan sosial, asli dan belum pernah diterbitkan atau sedang dalam proses penerbitan pada media lain.
- Artikel ditulis dalam bahasa ilmiah dengan spesifikasi sebagai berikut:
- Sistematika penulisan :
- Pedoman penulisan
- Kertas ukuran A 4
- Jarak ketikan 1,5 spasi, kecuali abstrak 1 spasi
- Jumlah halaman 10-15
- Tulisan times new roman ukuran 12, sedangkan untuk abstrak ukuran 10
- Judul
- Abstrak (bahasa Indonesia dan Inggris)
- Pendahuluan (Berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, ruang lingkup penelitian)
- Tinjauan Pustaka (Berisi landasan teori, hipotesis)
- Metode Penelitian
- Pembahasan
- Kesimpulan
- Daftar Pustaka
- Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik disertai lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul makalah. Penulis harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail. (Melampirkan biodata penulisan dan hasil penelitian yang pernah dibuat atau dipublikasikan untuk dilampirkan pada halaman biodata penulisan).
- Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa yang berbeda (Indonesia dan Inggris), jika artikelnya dalam bahasa Inggris, abstrak dan kata kuncinya dalam bahasa Indonesia serta sebaliknya artikel dalam bahasa Indonesia, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Inggris. Panjang abstrak maksimal 250 kata diketik 1 spasi, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata.
- Abstrak (berisi tujuan, metode, dan kesimpulan hasil penelitian) dalam bahasa Indonesia dan Inggris dalam satu paragraf dengan jumlah kata maksimum 200 kata.
- Pendahuluan (berisi masalah, tinjauan pustaka, tujuan dan hal lain yang dianggap penting).
- Metode penelitian dibuat secara rinci, singkat dan jelas.
- Hasil dan pembahasan berisikan hasil penelitian dan pembahasan yang didukung oleh tinjauan pustaka.
- Kesimpulan dan saran
- Daftar Pustaka
- Makalah diketik 1,5 spasi, huruf Time New Roman, Font 12, kertas A4 dengan Microsoft Word, maksimal 15 halaman
- Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa buku, artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian.
- Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Davis, 2003:47).
- Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
ü Buku:
Anderson, D.W.; Vault V.D.; & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.
ü Buku kumpulan artikel:
Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.
ü Artikel dalam buku kumpulan artikel:
Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds), Children’s informal Ideas in Science (hIm. 62-84). London: Routledge.
ü Artikel dalam jurnal atau majalah:
Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61.
ü Artikel dalam koran:
Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.
ü Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.
ü Dokumen resmi :
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud. Undang-undang Republik lndonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional 1990. Jakarta. PT. Armas Duta Jaya.
ü Buku terjemahan:
Ary, D.; Jacobs, L.C.; & Razavich, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.
ü Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Peflelitian:
Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.
ü Makalah seminar, Iokakarya, penataran:
Waseso, MG. 2001. isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.
ü Internet (karya individual):
Hitchcock, S.; Can, L; & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1 995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/ survey.html, diakses 12 Juni 1996).
ü Internet (artikel dalam jurnal online):
Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No.4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).
ü Internet (bahan diskusi):
Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAlN@ubvm.cc.buffalo.edu,diakses 22 November 1995)
- Artikel yang dikirim menjadi milik redaksi
- Redaksi berwenang menyunting artikel tanpa mengubah isinya. Isi dalam artikel diluar tanggung jawab redaksi atau penerbit.