PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Munajad Syamsuddin, Romanna Angel

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Model Pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran Sarana dan Prasarana di MPLB SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MPLB I dan II yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam kelas XI MPLB I (Eksperimen I) yang berjumlah 29 orang dan kelas XI MPLB II (Eksperimen II) yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen I memiliki rata-rata nilai pre-test sebesar 68,6. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen II adalah 65,5. Uji coba awal kelas eksperimen I dan II diketahui bahwa hasil belajar siswa masih di bawah rata-rata sebelum pengenalan Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Problem Posing. Hasil post-test dari kelas eksperimen I dan II mengungkapkan bahwa setelah mahasiswa terbantu pada kedua mata kuliah tersebut, hasil tes mereka mulai meningkat. Siswa kelas eksperimen I yang mendapat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share memiliki nilai rata-rata 80,87. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II yang diberi pembelajaran Model Pembelajaran Problem Posing adalah 78,83.Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,398 dan ttabel sebesar 1,705 pada taraf signifikan 95% dan dk = n1 + n2 = 29 + 31 – 2 = 58. Jika thitung dibandingkan dengan ttabel maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,398 > 1,705. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Problem Posing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Sarana dan Prasarana. Jika dibandingkan dengan Model Pembelajaran Problem Posing yang digunakan untuk mengajar kelas XI MPLB II  dengan jumlah presentase sebanyak 74% di SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2022/2023, sedangkan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair and Share lebih baik, dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 78,88% pada kelas XI MPLB I pada mata peelajaran Sarana dan Prasarana SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2022/2023.


Keywords


Model Pembelajaran Think Pair and Share, Model Pembelajaran Problem Posing, dan Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. In UNISSULA Press.

Agustina, L., Putri, A., & Lestari, I. (2020). Prosiding Seminar Nasional Sains Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Metode Problem Posing. 1(22), 425–432.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rinika Cipta

Arnidha, Y., & Matematika, P. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. 2(1), 128–137.

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193.

Dalam, M., Mata, P., & Dasar, K. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Jurusan Ikk Fpp Unp Abstrak. 08 (April).

Doktor, N., Pendidikan, I., Negeri, U., Dosen, J., Biasa, L., Tarbiyah, J., & Purwokerto, S. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. In 24 | Jurnal Kependidikan (Vol. 1, Issue 1).

Ellis, L. M. (2007). et al. 2000; Diversity.

Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Numerical solutions for non-Markovian stochastic equations of motion. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4).

Fitriyah, N. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Tps) Dan Student Team Achievment Division(Stad) Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tav Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1), 93–98.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Sinasis, 1(1), 103–116.

Hatmawati, S. R., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 22.

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Kadir, K. (2017). Impelementasi Pendekatan Pembelajaran Problem Posingdan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17 (2), 203.

Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 120.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 9 (1).

Lestari, A. P. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–9.

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5 (1), 288.

Ngaeni, E. N., & Saefudin, A. A. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika Yang Efektif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Posing. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6 (2), 264.

Novita, R. (2014). Abstrak Pendahuluan Matematika sebagai salah satu disiplin ilmu memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan Mengingat pentingnya sekaligus subyek pembelajaran . Salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk mengaktifkan siswa dalam . V, 128–135.

Nurdin, & Munzir. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 247–254.

Nursyaidah. (2014). 70 Nursyaidah..............Faktor-faktor. 70–79.

Parhusip, B., Hutahaean, H., & Theresia, E. (2020). Penerapan Model Think-Pair and Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAK pada Siswa SMP. Didache: Journal of Christian Education, 1 (2), 117.

Pendidikan, I., Di, K., Melalui Keteladanan, S., Pembiasaan, D., Cinda Hendriana, E., & Jacobus, A. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Volum 1 Nomor 2 bulan. 25–29.

Prabaningrum, I. G. A. I., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3 (4), 414.

Pusfita, D., & Fitriyani, H. (N.D.). Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kreativitas. 71–77.

Putri, R., Paud, P., & Medan, B. (2017). Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun. Kompetensi Dan Peran Guru Dalam Pembelajaran, 2(January 2017), 293–297.

Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6 (2), 34–44.

Sofianti, D. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajarankooperatiftipethink Pair Share (Tps) Dengan Tipe Student Teams Achievement Division(Stad)Siswa Kelas Xi Ips Sman 11 Padang. Economica, 1 (2), 238–244.

Sudjana. 2009. Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Vol. 4).




DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v11i2.41602

Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.