HUBUNGAN METODE BELAJAR PENUGASAN DAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS T.P 2019/2020

Nori Dumasari, Nelly Armayanti, Dodi Pramana

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis  Kelas X Administrasi Perkantoran T.A 2019/2020 yang berjumlah 65 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total yaitu berjumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t, Uji-F dan koefisiensi determinasi (R2). Dari hasil tersebut diperoleh untuk variable (X1) dengan (Y) diperoleh thitung > ttabel sebesar (2,760 > 1,669) dengan signifikan 0,007 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap (Y). Selanjutnya untuk Pemanfaatan LKS (X2) terhadap Hasil Belajar  (Y) diperoleh thitung > ttabel sebesar (3,809 > 1,669) dengan signifikan 0,000 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa Metode Belajar Penugasan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar  (Y). Dan untuk mengetahui apakah hipotesis ketiga berpengaruh digunakan uji F simultan, hasilnya diperoleh Fhitung > Ftabel(16,862 > 3,17) dengan signifikan 0,000 < 0,05 hai ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Metode Belajar Penugasan  (X1) dan Pemanfaatan LKS (X2) terhadap Hasil Belajar  (Y). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Belajar Penugasan dan Pemanfaatan LKS Terhadap Hasil Belajar  Siswa Kelas X AP SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis  T.P 2019/2020.

 


Keywords


Metode Belajar Penugasan, Pemanfaatan LKS dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu et al. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Andi, Prastowo.2011. Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.

Cholid. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.2004

Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar. Bandung : Yrama Widya

Fitriani. 2011. Pengaruh Penggunaan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTS. Darul Quran Bengkel Kecamatan Labuapi T.A 2013/2014. Skripsi.Mataram.

Nasution, Ita Ranasari. 2014. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Pembelajaran Penugasan Di Kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Tahun 2014/2015. Skripsi. UNIMED. Medan

Prastowo, Andi. 2011. Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sudirman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Rosdakarya.

Tabatabai. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa. Surabaya. Grafindo Persada.

Wahyudi. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Penugasan dan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2011/2012: UNIMED




DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v11i2.41605

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.