HUBUNGAN METODE BELAJAR PENUGASAN DAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS T.P 2019/2020
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis Kelas X Administrasi Perkantoran T.A 2019/2020 yang berjumlah 65 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total yaitu berjumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t, Uji-F dan koefisiensi determinasi (R2). Dari hasil tersebut diperoleh untuk variable (X1) dengan (Y) diperoleh thitung > ttabel sebesar (2,760 > 1,669) dengan signifikan 0,007 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap (Y). Selanjutnya untuk Pemanfaatan LKS (X2) terhadap Hasil Belajar (Y) diperoleh thitung > ttabel sebesar (3,809 > 1,669) dengan signifikan 0,000 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa Metode Belajar Penugasan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Dan untuk mengetahui apakah hipotesis ketiga berpengaruh digunakan uji F simultan, hasilnya diperoleh Fhitung > Ftabel(16,862 > 3,17) dengan signifikan 0,000 < 0,05 hai ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Metode Belajar Penugasan (X1) dan Pemanfaatan LKS (X2) terhadap Hasil Belajar (Y). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Belajar Penugasan dan Pemanfaatan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AP SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis T.P 2019/2020.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu et al. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Andi, Prastowo.2011. Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.
Cholid. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.2004
Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar. Bandung : Yrama Widya
Fitriani. 2011. Pengaruh Penggunaan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTS. Darul Quran Bengkel Kecamatan Labuapi T.A 2013/2014. Skripsi.Mataram.
Nasution, Ita Ranasari. 2014. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Pembelajaran Penugasan Di Kelas VII SMP Negeri 1 Aek Nabara Barumun Tahun 2014/2015. Skripsi. UNIMED. Medan
Prastowo, Andi. 2011. Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sudirman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Rosdakarya.
Tabatabai. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa. Surabaya. Grafindo Persada.
Wahyudi. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Penugasan dan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2011/2012: UNIMED
DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v11i2.41605
Article Metrics
Abstract view : 126 timesPDF - 112 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.