Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada 212 Mart di Kota Langsa

Maulana Rahman, Syardiansah Syardiansah

Abstract


This study aims to determine the effect of price perceptions on purchasing decisions, to determine the effect of brand image on purchasing decisions, to determine the effect of product quality on purchasing decisions, and to determine the effect of perceived price, brand image and product quality simultaneously on purchasing decisions at Mart 212. in Langsa City. The population in this study are consumers who make purchases at 212 Mart in Langsa City. The exact population number is not known, so the sampling uses the unknown population formula. So that the number of samples in this study were 96 respondents. The results showed that price perception had no significant effect on purchasing decisions, brand image had a significant effect on purchasing decisions and product quality had a significant effect on purchasing decisions at 212 Mart in Langsa City. Simultaneously, price perception, brand image and product quality have a significant effect on purchasing decisions at 212 Mart in Langsa City. The coefficient of determination test results show that 71.6% of the variable price perception, brand image and product quality can explain the purchasing decision variables at 212 Mart in Langsa City.


Keywords


Price perception; brand image; product quality; purchasing decisions

Full Text:

PDF

References


Adipramita. V, Cempena. I. B (2019), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran Lamongan, Jurnal Ekonomi Manajemen (JEM17), 4(1), 80 – 90

Ambarwati. E.P, Imroatul (2012), Analisis Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Toyota Avanza Nasmoco Majapahit Kota Semarang), Diponegoro Journal Of Management, 7(4). 1-9

Fatmawati. A. N, dan Soliha. E, (2017), Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, Tahun 10. No. 1, 1-20

Gircela. D, Wati.L.N, (2019) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Citra Merk Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 9(1), 9-24

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kudadiri.L.D dan Rahmadsyah. A, (2019), Pengaruh Persepsi Harga Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Alfamidi Cabang Iskandar Muda Medan, JURNAL PLANS : Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis, 14(1),22-28

Mowen, J. dan M. Minor. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga

Muharam.W, Soliha.E, (2017), Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio, Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank ke 3, 755-762

Nadiya, F.H dan Wahyuningsih, S. (2020),Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap KeputusanPembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang), Prosiding Seminar Nasional Unimus, Volume 3,1096-1104

Napik.A, Qomariah.N dan Santosa.B, (2018), Kaitan Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry, Jurnal Penelitian Ipteks, 3 (1), 73-85

Noor. F, Utari. W dan Mardi. W. N, 2020, Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk PT. Salim Ivomas Pratama Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro), Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), Vol. 4, No. 4, 581-594.

Supramono (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Supriyadi,Fristin.Y, Indra.G.K.N (2016), Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Bisnis dan Manajemen 3 (1), 135-144

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syardiansah. (2017). Pengaruh Fasilitas, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal oleh Mahasiswa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis. 8(2): 678-688

Tampi, D. Soegoto, A. S. Sumarauw, J.S.B (2016), Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada PT. Daya Dicipta Wisesa, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen , Bisnis dan Akuntansi, 4 (1), 990-999




DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v13i1.23422

Article Metrics

Abstract view : 783 times
PDF - 376 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v13i1.23422.g15962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License