SOSIOLOGI VISUAL: SUATU PENDEKATAN ALTERNATIF DALAM PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

Muhammad Iqbal, Trisni Andayani

Abstract


Penelitian ini menawarkan suatu konsep pembelajaran pada ilmu-ilmu sosial khususnya studi sosiologi agar lebih menarik dan kreatif, kenyataan yang terjadi pembelajaran untuk bidang ilmu sosial sering kali mengalami kekakuan dalam menjelaskan konsep maupun kasuistik. Pendekatan Sosiologi Visual digunakan untuk memvisualisasikan konsep menjadi sebuah realitas yang nyata berupa media gambar maupun film, sehingga akan dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Dengan pendekatan ini juga maka setiap pengajar tidak akan mengalami kesulitan dalam mengajarkan studi sosiologi di sekolah maupun universitas.

 


Keywords


Sosiologi Visual, Pendekatan Alternatif, Hasil Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rieneka Cipta, Jakarta

Gagne,M.R. 1977. The Condition of Learning, Rinehart and Winston, USA

Henslin. M James. 2006 .Sosiologi dengan Pendekatan Membumi, Penerbit Erlangga, Jakarta

Moleong J, Lexy.2005. Metode Penelitian Kualitatif.Rosda Press, Bandung

Rigeluth. 1983. Instructional design Theories anda Models: an Overview of Their Current Status, Lawrence Erelavan Associate, New Jersey

Sagala H. Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit Alfabeta,Bandung

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Premada Media, Jakarta

Winata, Putra, S. Udin (dkk). 2005. Strategi Belajar Mengajar, UT, Jakarta

Wardhani,dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. UT, Jakarta

Website:

www.visualsociology.org diakses pada 26 Oktober 2009, pukul 19.30 Wib




DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v2i2.10339

Article Metrics

Abstract view : 1899 times
PDF - 768 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v2i2.10339.g9270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License