PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS NILAI KEBANGSAAN
Abstract
Pendidikan multikultural sebagai paradigma baru yang lahir pada akhir abad XX memiliki visi dan program mempersiapkan generasi muda menghadapi masyarakat dunia global dalam bingkai multikultural. Pendidikan multikultural sebagai program dirancang dengan berpedoman pada dimensi: content integration, knowledge construction, prejudice ruduction, equitable pedagogy, dan empowering school culture and social structure. Melalui rancangan ini, pendidikan multikultural diimplementasikan ke dalam pembelajaran multikultural berbasis nilai kebangsaan untuk menghasilkan subyek belajar yang memiliki kompetensi: (1) berwawasan dan berpengetahuan luas tentang konsep multikulturalisme (knowledge); (2) memiliki sikap arif dan bijak sebagai anggota masyarakat yang multikultur (disposition); dan (3) memiliki keterampilan dalam mengambil keputusan dan memberikan alternatif terhadap permasalahan multikultural dalam menjaga integrasi dan keharmonisan (skill).
DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1117
Article Metrics
Abstract view : 1631 timesPDF - 439 times PDF - 3688 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1117.g876
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1117.g885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License