PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS NILAI KEBANGSAAN

Laurencia Primawati

Abstract


Pendidikan multikultural sebagai paradigma baru yang lahir pada akhir abad XX memiliki visi dan program mempersiapkan generasi muda menghadapi masyarakat dunia global dalam bingkai multikultural. Pendidikan  multikultural sebagai program dirancang dengan berpedoman pada dimensi: content integration, knowledge construction, prejudice ruduction, equitable pedagogy, dan empowering school culture and social structure. Melalui rancangan ini, pendidikan multikultural diimplementasikan ke dalam pembelajaran multikultural berbasis nilai kebangsaan untuk menghasilkan subyek belajar  yang memiliki kompetensi: (1) berwawasan dan berpengetahuan luas tentang konsep multikulturalisme (knowledge); (2) memiliki sikap arif dan bijak sebagai anggota masyarakat yang multikultur (disposition); dan (3) memiliki keterampilan dalam mengambil keputusan dan memberikan alternatif terhadap permasalahan multikultural dalam menjaga integrasi dan keharmonisan (skill).


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1117

Article Metrics

Abstract view : 1525 times
PDF - 411 times PDF - 3024 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1117.g876

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1117.g885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License