PENDIDIKAN GEOGRAFI BERBASIS KARAKTER SEBAGAI WAHANA PEMBELAJARAN KEPENDUDUKAN

Tumiar Sidauruk

Abstract


Pendidikan geografi berbasis karakter merupakan disain pembelajaran yang menyajikan konten dengan berorientasi tidak semata pada ranah pengetahuan dan keterampilan tetapi juga berorientasi pada ranah sikap. Disain pembelajaran ini dipandang efektif untuk dijadikan sebagai wahana pembelajaran kependudukan. Melalui pendekatan kontekstual, pembelajaran geografi dirancang dengan mengangkat tema-tema kependudukan sebagai tema kontekstual. Peserta didik belajar dengan pengalaman untuk mengamati, menalar, mencoba dan menyajikan alternatif pemecahan masalah-masalah kependudukan yang ada di sekitar lingkungannya. Habituasi pembelajaran seperti ini, sebagai upaya penumbuhan karakter peserta didik yang peduli dan bertanggung jawab terhadap kelangsungan kehidupan manusia di planet bumi dan belajar untuk hidup secara harmoni dengan lingkungannya.


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1118

Article Metrics

Abstract view : 643 times
PDF - 494 times PDF - 619 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1118.g877

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1118.g884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License