Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Babussalam Kutacane

Muhammad Irsan Barus, Syadidul Kahar, Saidup Kudadiri

Abstract


Sistem pembiayaan pendidikan di Indonesia, pemerintah tidak bisa melepaskan diri dengan pihak swasta dan masyarakat. Hubungan pemerintah, masyarakat, dan swasta merupakan hubungan yang tidak terpisahkan dalam peranannya meningkatkan pemerataan dan mutu pendidikan. Berbeda dari sistem pendidikan di negara maju, negara berkembang memprioritaskan anggaran daerahnya untuk pembangunan pandidikan dan dilakukan dengan berbagai model pembiyaan yang menguntungkan bagi pembangunan pendidikan di negaranya. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hal ini dilakukan untuk mengungkapkan data deskriptif dari informan tentang apa yang mereka lakukan, rasakan, dan yang mereka alami terhadap fokus penelitian. Penelitian ini berupaya mendiskripsikan sistem pembiayaan pendidikan di STIT Babussalam Kutacane. Hasil penelitian diproleh bahwa STITBA menerapkan Sistem Keuangan Terpusat (SKT) untuk dana yang bersumber dari Uang Pembangunan dan SPP mahasiswa sehingga istilah defisit tidak berlaku dilingkungan STITBA. Sedangkan dana yang sifatnya untuk kegiatan tertentu seperti biaya PPL, PKM, Komprehensif, Seminar Proposal, Bimbingan Skripsi, Munaqasyah, dan Wisuda dikelola oleh Bendahara sekolah tinggi sendiri dengan membuat pertanggung jawaban kepada Pimpinan STITBA. Berdasarkan hal ini maka dana yang diproleh oleh STIT Babussalam Kutacane menggunakan model Penggalangan dana.


Keywords


Pembiyaan Pendidikan, STIT Babussalam Kutacane

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. (2009). Manajemen Perguruan Tinggi; Beberapa Catatan Cet. II, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fattah, N. (2012). Standar Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Fattah, N. (2006). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cetakan Keempat.

Johns, L.R. & Morphet, L.F. (1975), The Economics and Financing of Education: A System Approach, New Jersey: Prentice-Hall Englewood Cliffs.

Martin, (2014), Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12311

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12311.g11408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License