Menjadi Good Citizen Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi
Abstract
Keywords
References
Bakry, N. M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bourke, L., Bamber, P., & Lyons, M. (2012). Global Citizens: Who Are They?. Education, Citizenship and Social Justice, 7(2): 161-174.
Branson, M. S. (1998). The Role of civic education. Calabasas: Center of Civic Education (CEE).
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.
Delors, J. (1996). Learning: The Treasure Within. Paris: UNESCO.
Dill, J. S. (2012). The Moral Education of Global Citizenship. Global Sociaty, 49(6): 541-546.
Heater, D. (2004). A Brief History of Citizenship. New York: New York University.
Hericahyono, C. (1995). Dimensi-Dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP Semarang Press.
Huang, T. C. & Chen, C. C. (2013). Animating Civic Education: Developing A Knowledge Navigation System Using Blogging And Topic Map Technology. Educational Technology & Society, 16(1): 79–92.
Ihsan. (2017). Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2): 49-58.
Lickona, T .(1996). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of Moral Education, 25(1): 93-100.
Lickona, T. (1991). Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect And Responsibility. New York: Bantam.
Linkalter, A. (2002). Cosmopolitin Citizenship: Handbook of Ctitizenship. London: SAGE Publication.
Muchtarom, M. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Warga Negara Sebagai Upaya Mengembangkan Good Citizen. PKn Progresif, 12(1): 543-552.
Nurhaidah. & Musa, M. I. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3): 1- 14.
Rahmat. & Ariana, Y. (2016). Konsep Good Citizen Dalam Teks Ki Agěng Sela. ETNOGRAFI, 14(2): 82-90.
Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6 (2): 61-72.
Soemantri. (2001). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suharyanto, A., (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (1): 192-203.
Sutrisno. (2017). Implementasi Pendidikan Antikorupsi Pada Mata Pelajaran Ppkn Berbasis Project Citizen Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Civics, 14(2): 166-175.
Sutrisno. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Warga Negara Global. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1): 41-51.
Syaifudin, M. & Satmoko, A. (2014). Kontribusi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Pembentukan Perilaku siswa SMA Negari 19 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(2): 670-684.
Wulandari, D.O & Hodriani (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 1 (3): 139-147.
DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.13988
Article Metrics
Abstract view : 4678 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License