Implementasi Pendidikan Multikultural pada Progam Kurikuler sebagai Sarana Membangun Karakter Bangsa di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aly, A. (2011). Pendidikan Islam multikultural di pesantren: Telaah terhadap Kurikulum pondok pesantren modern Assalaam Surakarta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Banks, J. A. (1993). n Introduction to Multicultural Education. Boston: Allyn and Bacon.
Banks, James A., & Banks, C. A. M. (2010). Multicultural education: Issues and Perspectives (Rev. ed). Washington: John Wiley & Sons, Inc.
Dewantara, K. H. (1946). Dasar-dasar Pendidikan, dalam karya KI Hajar Dewantara bagian pertama, : Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Hanum, F. (2009). Pendidikan Multikultural sebagai Sarna Membantuk Karakter Bangsa (dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan). In Seminar Regional DIY. Yogyakarta.
Mahfud, C. (2016). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1): 52-56.
Parrekh, B. (2008). Rethinhking multiculturalism ; Keragaman Budaya dan Teori Politik. Yogyakarta: Kanisius.
PPK., T. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.
Print, M. (1993). Curriculum Development and Design. St. Leo-nard: Allen & Unwin Pty.
Retnasari, L., & Hidayat., M. T. (2018). Pendidikan Multikultural dengan Pendekatan Aditif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28(1).
Rita Eka Izzaty, D. (2008). Pengembangan Peserta Didik. YogyakartaPengembangan Peserta Didik: UNY Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyanto, A., (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa, JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political UMA), 2 (1): 192-203
Suharyanto, A. (2015), Dilema Multikulturalisme Pada Masyarakat Multikultur Di Medan, Jurnal Kewarganegaraan 25 (PPKn, FIS, Universitas Negeri Medan), 118-127
Suradi. (2018). Pendidikan Berbasis Multikultural dalam Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1): 77-90.
Tanzeh, A. (2004). Metode Penelitian Praktis. Jakarta: PT. Bina Ilmu.
Tolak, T. (2018). Peneguhan Masyarakat Multikultural Indonesia melalui Aktualisasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1): 21-30.
Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press.
Zubaidi. (2004). Telaah Kpnsep Multikulturalime dan Implementai dalam Dunia Pendidikan. Hermina, 3(1), 77.
DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.14465
Article Metrics
Abstract view : 1471 timesPDF - 904 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.14465.g12404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License