Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suid, A.B. dkk. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Subtema Gerak Dan Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 16 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Uniersitas Syiah Kuala. Volume 3 Nomor 4. Hal.75
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Bai F. Arnoldus dan Dyah Respati S.S. (2017). Keefektifan Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Metode Inkuiri Dan Problem-Based Learning ditinjau Dari Minat Siswa. Jurnal Pendidikan IPS UNY.Volume 4 Nomor 1.Hal.94.
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaran untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung.WidyaAksaraPress
Dharma, S dan Siregar. R, (2015). Membangun Pengalaman Belajar Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Project citizen pada Siswa, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7 (1) (2015): 100-106.
Dharma, S. dan Siregar, R. (2014). Internalisasi Karakter melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 6 (2) (2014): 132-137
Ihsan, (2017), Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah,Junal Pancasila dan Kewarganegaraan, UMP, Volume 2 Nomor 2,Hal.49
Istikhomah, N. dan Suripno. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP SeKecamatan Sentolo. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum UNY, Volume 8 Nomor 9, Hal.820
Khairat, (2016), Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Materi Demokrasi, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8 (1) (2016): 80-87.
Madjid. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo
Mulia, S.D. dan Suwarno. (2016). Ptk (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di Sd Negeri Kalisube, Banyumas. Jurnal Ilmiah Kependidikan UMP.Volume IX Nomor 2.Hal.3
Mulyasa. (2005).Model-Model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Nasution, A.R., (2016), Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia melalui Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8 (2) (2016): 201-212.
Nurhani. (2016). Penerapan Metode Inquiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Universitas Tadulako.Volume 4 Nomor 2. Hal.103
Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6 (2): 61-72.
Sofyan S, Fitri dan Sundawa, S. .(2015). Hubungan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dan Semangat Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial UPI Volume 24 Nomor 2 Hal.184
Tambunan, B., (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Point–Counter–Point, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9 (2): 239-245
Tanjung, J., (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9 (2): 224-230
Triswanti, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaaran Inkuiri Terhadap Hasl Belajar Praktik Kewirausahaan Ditinjau Dari Tingkat Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan UHAMKA. Olume 2 Nomor 2. Hal.179
Usman. (2011). Teori Hasil Belajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Suharyanto, A. (2017). Pemahaman Siswa Tentang Konsep Demokrasi Dalam Pendidikan Kewarganegaraan, dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 530-534
DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.15353
Article Metrics
Abstract view : 483 timesPDF - 379 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.15353.g13242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License