Peran Guru dalam Menumbuhkembangkan Kesadaran Konstitusional di Daerah Tertinggal melalui Penghayatan Nilai-Nilai Luhur Pancasila
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asshiddiqie, J. (2008). Pokok-Pokok Hukum Tata Negara Indonesia Pasca Reformasi. Jakarta: PT. Buana Indah Populer.
Bennet, N. (2005). Teaching Through Play Teachers Thingking and Classroom Practice. (Terjemahan Nur Adi Trastria). USA: Open University Press. (Buku asli ditermahkan 1998).
Bria, M.E. (2018). Penguatan Semangat Nasionalisme di Daerah Perbatasan melalui Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1): 38-43.
Damanik, F.H.S. (2014). Hakikat Pancasila dalam Membentuk Karakter Kebangsaan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6 (2): 49-60.
Dharma, S. dan Rosnah Siregar (2014). Internalisasi Karakter melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 6 (2) (2014): 132-137
Hendra, Indrawadi, J. & Montessori, M. (2019). Internalisasi Nilai Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Daerah Tertinggal, JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11 (1): 84-94.
Joyce, B & Well. (2009). Model-Model Pengajaran. Edisi 8. Terjemahan A. Fuwaid & A. Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kaelan, M.S dan Zubaidi, A. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Ctk. Pertama, Edisi Pertama, Paradigma.
Rahman, A. (2018). Konsep Dasar Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1): 44-51.
Safitri, A. & Suharno. (2019). Menjadi Good Citizen melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11 (2): 382-395.
Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6 (2): 61-72.
Suharyanto, A., (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa, JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political UMA), 2 (1): 192-203
Suharyanto, A. (2017). Pemahaman Siswa Tentang Konsep Demokrasi Dalam Pendidikan Kewarganegaraan, dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 530-534
Sytra, N. Y. (2013). Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Yogyakarta: Banyubiru.
Tolak, T. (2018). Peneguhan Masyarakat Multikultural Indonesia melalui Aktualisasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1): 21-30.
Winataputra. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wulandari, D.O & Hodriani (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 1 (3): 139-147.
DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16311
Article Metrics
Abstract view : 603 timesPDF - 400 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16311.g13239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License