RENCANA PELAJARAN (LEER PLAN) 1947 DAN KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN PASCA KEMERDEKAAN 1945 – 1950

Abd Haris Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan pendidikan di Indonesia pada masa awal kemerdekaan sebelum berlakunya Rencana Pelajaran 1947, bagaimana proses terbentuknya Rencana Pelajaran 1947 dan bagaimana implementasi Rencana Pelajaran 1947 sebagai kebijakan publik dibidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Metode Heuristik. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis literatur-literatur yang berkenaan dengan sejarah Pendidikan di Indonesia Era awal Kemerdekaan, serta studi arsip (archieve study) yaitu dengan mengumpulkan arsip-arsip tentang kebijakan pemerintah dibidang pendidikan tahun 1945-1950 dan Leer Plan 1947 di Gedung Arsip Nasional dan Pusat Kurikulum Nasional. Hasil penelitian ini antara lain; bahwa setiap kebijakan di bidang pendidikan yang diimplementasikan pada masa awal kemerdekaan tujuannya antara lain untuk menanamkan nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme. Penanaman nilai-nilai tersebut dianggap urgent mengingat Indonesia pada saat itu merupakan bangsa yang baru merdeka, sehingga melalui pendidikan diharapkan mampu membangkitkan martabat bangsa Indonesia yang sebelumnya terjajah.


Keywords


Leer Plan 1947, Pendidikan, dan Kebijakan

Full Text:

PDF

References


Anderson, James. E. (2000). Public Policy Making. Boston: Houghton Mifflin.

D. Lasswell, Harold., & Kaplan, Abraham. (1970). Power and Society. New Haven: Yale University Press.

Easton, David. (1953). The Political System: An Inquiry into the State of Political Science, New York: Knopf.

Hamid, Hasan. S. (2005). Perkembangan Kurikulum: Perkembangan Ideologis dan Teoritik Pedagogis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ismaun. (2012). Handbook Kebijakan-kebijakan Pemerintah dalam Pendidikan Sejarah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Jenkins, W.I. (1978). Policy Analysis. Oxford: Martin Robertson.

Kartika, I Made. (2010). Pengertian, peranan dan Fungsi Kurikulum. Denpasar: Universitas Dwijendra.

Nasution, A.H & Flores Tanjung. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran Sejarah. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Tim Puskur. (2010). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Jakarta: Kemendiknas.

Rohman, Arif, (2002). Akar Ideologis Problem Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Fondasia Vol.II No.2, Yogyakarta: UNY Press.

Sjamsuddin, H. Kosoh Sastradinata, Said Hamid Hasan (1993). Sejarah Pendidikan di Indonesia Zaman Kemerdekaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Sukirman, Dadang. (___). Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung: ___

Susanto, Edi. (2009). Pendidikan Agama Dalam Sistem Pendidikan di Indonesia: Survey Historis Era Pemerintahan Soekarno. Jurnal Tadris Volume 4 Nomor 1.

Soemantrie, Hermana. (2010). Perkembangan Kurikulum Sekolah Menengah Atas di Indonesia: Suatu perspektif dari masa ke masa. Jakarta: Puskur Kemendiknas.

Wulandari, Tata, (2008). Kebijakan Pendidikan di Amerika Serikat. Jurnal Istoria Pendidikan dan Ilmu Sejarah Vol.1 No.1, Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.40221

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 180 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.40221.g19558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License