Penerapan Strategi Belajar dan Gaya Belajar Model Fleming terhadap Masa Belajar Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi belajar dan gaya belajar model fleming terhadap masa belajar mahasiswa di fakultas ilmu sosial universitas negeri medan. Berdasarkan hasil temuan penelitian, bahwa rata-rata hasil belajar kelompok mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran trading place memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi hal ini dapat dijelaskan karena strategi pembelajaran trading place memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk lebih berperan aktif dan dapat berinteraksi dengan teman belajar dan dosen. Mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih termotivasi, lebih semangat selama proses pembelajaran, sehingga mahasiswa lebih terampil dalam hal mengemukakan pendapatnya, sedangkan dengan strategi pembelajaran ekspositori yang pada dasarnya pembelajaran berpusat kepada dosen mengakibatkan mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik tidak dapat berinteraksi/kurang bersosial dengan teman dan mahasiswa kurang termotivasi dan sehingga cepat merasakan bosan dalam proses pembelajaran. Hal ini memberikan rekomendasi bahwa strategi pembelajaran trading place sangat cocok digunakan kepada mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik daripada strategi pembelajaran ekspositori dan mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan read/write.
Keywords
References
Altman, I. 1975. The Environmental and Social Behavior. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Amelia, K. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V SDN 067775 Medan: Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Ayuningtyas, D.C. dan Faisal A., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Dengan Metode Pembelajaran The Power Of Two dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sale. Seminar Nasional Second Lontar Physics Forum. Semarang: LPF1308-1: LPF1308-A
Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.
Bloom, B.S., 1986. Taxonomy of Education Objective.Newyork: Logman
Branson, M.S., dkk. 1999. Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta: LKIS
Danandjaja, J. 1994. Antropologi Psikologi. Jakarta: Rajawali.
De Porter. 2002. Quantum Teaching. (Terj. Ali Nilandari). Bandung: Kaifa
De Porter, B dan Hernacki, M. 2003. Quatum Teaching. Bandung: Kaifa
Dick. W and Carey.L.1996.The Systematic Design of Instruction. New York, NY: Logman
Djahiri, K., 1996. Pengajaran Studi Sosial IPS : Dasar-Dasar Pengertian Metodologi Model Pengajaran IPS. Bandung: LPPP-IPS-IKIP
Djamarah, S.B. dan Aswan Z., 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djiwandono, S.E.W., 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Ember, C. R. dan Ember, M. 1985. Antrhopology. New Jersey: Prentice Hall.
Gunawan, A.W., 2006. Genius Learning Strategi. Jakarta: Pustaka Utama.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik, O., 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamruni., 2013. Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Insan Madani
Hergenhann. B. R dan Olson., 2008. Theories of Learning. (Terj. Triwibowo.B.S) Jakarta: Kencana Media Persada.
Huda, M., 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani., 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Khadijah., 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Cipta Pustaka Media
Keefe., 1979. Learning Style : Theory and Practice. Reston Virginia National Association of Secondary School Prinscipals (NASSP)
Koentjaraningrat., 1986. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Koentjaraningrat. (ed). 1994. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Liyursi dan Julaga S., 2013. Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol.6, No.1. ISSN: 1979-6692
Matondang, Z., 2013. Statistika Pendidikan. Medan: Unimed Press.
Mulyasa, E., 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Silberman., 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5159
Article Metrics
Abstract view : 1317 timesPDF - 515 times PDF - 257 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5159.g4579
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5159.g4601
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License