Sinkronisasi Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Nurmala Berutu, Muhammad Ridha Damanik, Meilinda Suriani Harefa

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kesesuaian dokumen mutu jurusan/prodi dan fakultas dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), serta mengetahui kendala-kendala dan solusi dalam penerapannya di FIS Unimed. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan teknik analisis data deskriptif kualitatif dimana hasil data yang dikumpulkan akan dibandingkan dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi menurut Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015. Ada 163 butir indikator dan dari penilaian dokumen mutu jurusan/prodi di FIS Unimed, tingkat kesesuain pada tingkat fakultas adalah 77,1%. Terdapat 36 indikator (22,09%) yang belum sesuai dengan SNPT pada masing-masing jurusan/prodi. Jurusan PPKn memiliki tingkat kesesuaian paling tinggi (92,02%), sedangkan tingkat kesesuaian terendah adalah Prodi Pendidikan Antropologi (84,05%). Indikator yang belum sesuai dengan SNPT di seluruh Jurusan/Prodi adalah (1) Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat belum mengacu pada Standar Nasional Penelitian dan PKM (2) Perhitungan waktu 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa kuliah, responsi, atau tutorial belum sesuai dengan yang ditetapkan dalam SNPT, (3) Perhitungan waktu 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa seminar atau bentuk lain yang sejenis belum sesuai dengan yang ditetapkan dalam SNPT, dan (4) Belum terpenuhinya sarana dan prasarana yang dapat diakses oleh mahasiswa berkebutuhan khusus.


Keywords


Sinkronisasi; Standar Nasional Pendidikan Tinggi, FIS Unimed

Full Text:

PDF PDF

References


Peraturan Menteri Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Undang-undang No 12 Tahun 2012. Pendidikan Tinggi.

Jurusan Pendidikan Geografi, 2015. Dokumen Borang Akreditasi Jurusan Pendidikan Geografi.

________________________, 2016. Dokumen Evaluasi Diri Jurusan Pendidikan Geografi.

________________________, 2016. Dokumen Kurikulum KKNI Jurusan Pendidikan Geografi. Jurusan Pendidikan Geografi, 2015. Dokumen Borang Akreditasi Jurusan Pendidikan Geografi.

Jurusan Pendidikan Sejarah, 2016. Dokumen Borang Akreditasi Jurusan Pendidikan Geografi

_______________________, 2016. Dokumen Evaluasi Diri Jurusan Pendidikan Sejarah.

________________________, 2016. Dokumen Kurikulum KKNI Jurusan Pendidikan Sejarah.

Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, 2016. Dokumen Borang Akreditasi Jurusan Pendidikan Kewargarnegaraan.

________________________, 2016. Dokumen Evaluasi Diri Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan.

________________________, 2016. Dokumen Kurikulum KKNI Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan.

Program Studi Antropologi, 2016. Dokumen Borang Akreditasi Program Studi Antropologi.

________________________, 2016. Dokumen Evaluasi Diri Program Studi Antropologi.

________________________, 2016. Dokumen Kurikulum KKNI Program Studi Antropologi. https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_tinggi diakses tanggal 18 April 2016.




DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5171

Article Metrics

Abstract view : 505 times
PDF - 275 times PDF - 211 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5171.g4590

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5171.g4609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License