PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MAHASISWA JURUSAN PPKn FIS UNIMED

Sri Yunita

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Faktorial 2 x 4. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil pengujian hipotesis pertama, tidak terdapat perbedaan hasil belajar PKn mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran kooperatif tipe team game tournament. Hipotesis Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar PKn mahasiswa yang memiliki kepribadian koleris, sanguine, phlegmatic dan melankolis. Hipetesis ketiga, tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar.

Full Text:

PDF ()


DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i1.530

Article Metrics

Abstract view : 907 times
PDF () - 645 times

DOI (PDF ()): https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i1.530.g346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License