Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses (perencanaan, pelaksanaan dan penilaian) di Kelas X SMA Negeri 10 Medan TP. 2016/2017. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh guru geografi yang ada di SMA Negeri 10 Medan. Berhubung penerapan Kurikulum 2013 baru diterapkan dikelas X maka sampel dalam penelitian ini adalah 2 guru geografi yang mengajar di kelas X SMA Negeri 10 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik studi documenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adalah sebagai berikut: 1) Pada aspek perencanaan pembelajaran guru-guru geografi sudah mampu melaksanakan perencanaan atau sudah mampu (baik) merencanakan pembelajarn dalam kelas yang dapat dilhat dari skor prolehan yang diddapatkan oleh guru-guru pada penilaian perencanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata yaitu 86,93. 2) Pelakasanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru geografi yang ada di SMA Negeri 10 Medan tergolong baik, dimana nilai rata-rata yang diperoleh guru mendapatkan skor 87,01. 3) Penilaian pembelajaran guru geografi di SMA Negeri 10 Medan tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan jumlah skor yaitu sebesar 83,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses di Kelas X SMA Negeri 10 Medan TP.2016/2017 di kategorikan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariadi, D C. 2014. Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Biologi di SMA Se-Kota Magelang. Jurnal Teknologi Pendidikan 1, Vol 2 : 8-31. Tersedia : http://lib.unnes.ac.id/23154/#. (17 Maret 2016)
Fadlillah. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik O. 2001. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksaran.
Ihsan, F. 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Kemendikbud. 2003. Peraturan Pemerintah No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidkan nasional. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
_______________. 2013. Peraturan Pemerintah No 32 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
_______________. 2016. Peraturan Pemerintah No. 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
_______________. 2016. Peraturan Pemerintah No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
_______________. 2016. Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
_______________. 2016. Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Rawita I.S. 2013. Kebijakan Pendidikan: Teori, Implementasi, dan Monev. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan: Jakarta. Kencana Perdana Media Group
Tiofanta, S. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Ditijau dari Standar Sarana dan Prasarana di SMA Negeri 2 Medan. Skripsi. Medan : Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Tohang, R.. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri Sekecamatan Medan Polonia. Skrpsi. Medan : Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Turnip, O. 2016. Implementasi Standar Proses dalam Pembelajaran Geografi Berlandaskan PERMENDIKBUD No. 65 tahun 2013 di SMA Kabupaten Samosir. Skripsi. Medan : Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
UPPL. 2016. Program Pengalaman Lapangan Terpadu. Medan: UPPL UNIMED
Wardani, N. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Skripsi. Medan : Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i2.8244
Article Metrics
Abstract view : 2088 timesPDF - 876 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i2.8244.g6932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License