Strategy Self Regulated Learning pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area

Siti Aisyah, Laili Alfita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran Strategy Self Regulated Learning pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Self regulated learning adalah kemampuan seseorang untuk mengelola secara efektif pengalaman belajarnya sendiri dengan berbagai cara sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Mahasiswa dikatakan telah menerapkan self regulated learning apabila mampu mengaktifkan metakognisi, motivasi dan tingkah laku dalam proses belajar mereka sendiri tanpa diperintah dan diajarkan oleh orang lain. Terdapat keinginan dan dorongan dari dalam diri mereka sendiri untuk menerapkan langkah-langkah dan strategi mengontrol proses belajar secara mandiri. Penelitian ini bersifat analisis statistik deskriptif (deskriptif artinya bersifat memberi gambaran). Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa hampir keseluruhan sampel hanya melakukan satu atau dua strategi dan tidak melakukan keseluruhan strategi. Hal inilah yang mempengaruhi pencapaian indeks prestasi kumulatifnya menjadi kurang maksimal.


Keywords


Strategy Self Regulated Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2006). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

____________. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

____________. (2007). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J.P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi: Rajawali Pers.

Djamarah, S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Cetakan 4. Jakarta: Rineka Cipta.

Fasikhah, Siti Suminarti, Fatimah, Siti. (2013). Self Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Volume.1, Nomor.1. Jurnal Online (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/viewFile/1364/1459. Kamis, 20-November-2014, 13:30:45).

Hadi, S. (2000). Methodology Research (Jilid 1-4). Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hamdani, R., Lahmuddin L., Aziz, A., (2015), Hubungan antara Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosional dengan Self-Regulated Learning Siswa. Analitika: 7 (2): 105-117

Hurlock, E.B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E.B. (2007). Perkembangan Anak. Edisi keenam Jilid 2: Penerbit Erlangga.

Kasmadi Sunariah, N.S. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Cetakan I. Bandung: Alfabeta.

Latipah, Eva. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar Kajian Meta Analisis. Volume 37 Nomor.1. Jurnal Psikologi.

Mukhid, Abdul. (2008). Strategi Self Regulated Learning (Perspektif Teoritik). Volume 3 Nomor.2. Jurnal Online (Http://tadris.stainpamekasan.ac.id/index.php/jtd/article/download/62/124. Sabtu, 28-Juni-2014, 8:54:46).

Munandar, Utami. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Cetakan Pertama. Jakarta: Pt.Rineka Cipta.

Ormrod, Jeane Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan. Edisi ke-6 Jilid II: Penerbit Erlangga.

Sadirman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan ke-20. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Santrock, J.W. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Schunk, D.H, Zimmerman, B.J. (1994). Self Regulated Learning and Performance: Issue and Educational Applications. Hove, Lawrence Erlbaum Publisher.

Silalahi, Marto. (1990). Gambaran Motivasi Belajar dan Self Regulated Learning Strategies Mahasiswa. Volume 22 Nomor 2. Medan. Jurnal Visi.

Siregar, S.M., Wiwik S., (2013), Efektivitas Terapi Realitas untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning pada Mahasiswa Underachiever, Analitika: 5 (2): 70-75

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi Cetakan ke-5. Jakarta: Rineka Cipta.

Solso, Robert.L. (2007). Psikologi Kognitif. Edisi kedelapan: Penerbit Erlangga.

Tarigan, R.br., Sri M., Nurmaida I., (2015), Pengaruh Bimbingan Kelompok Peer Group terhadap Efikasi Diri dan Self-Regulated Learning, Analitika: 7 (2): 67-79

Yulinawati, Irma. (2009). Self Regulated Learning Mahasiswa Fast Track. Volume. 15 Nomor.2. Jurnal Psikologi.




DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i2.8246

Article Metrics

Abstract view : 1459 times
PDF - 775 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i2.8246.g6934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial



JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License