Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Mata Kuliah Teori Politik dan Demokrasi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarjaya, S B. (2012). Psikologi Pendidikan dan Pengajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta. Penerbit CAPS.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Baiduri, R. & Andayani, T. (2016). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Perkuliahan Antropologi Pendidikan, Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 2 (2) (2016): 166-174.
Halking & Mukmin, B A. (2014). Sistem Politik Indonesia. Medan. Unimed.
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru.
Hidayah N. et,all. (2008). Media Visual Sebagai Penunjang Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Teori Politik dan Demokrasi. Sebuah penelitian di Program Studi Pendidikan Sejarah. Universitas Yogyakarta.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada
Kadir, A. (2013). Peranan Partai Politik dalam Menanggulangi Golongan Putih (Golput) pada Pemilihan Legislatif 2009, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1 (1): 65-75.
Kusmanto, H. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Demokasi Politik, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (1): 78-90.
Lidnillah & Aziz, M.A. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah. UPI. Bandung.
Nurfitriani, Hamrun, & Ahmad T. (2017). Pemasaran Politik Bupati Bima Terpilih pada Pilkada Kabupaten Bima Tahun 2015. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 5 (2): 71-78.
Pratiwi & Eka, A.I. (2012). Peningkatan keterampilan Berbicara Dengan Metode Debat Plus dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Parawisata Kertha Wisata Denpasar. Thesis. Pascasarjana. Denpasar. Universitas Udayana.
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran FIQH dengan Problem Based Learning, Jurnal Ilmiah DIDIAKTIKA, XIV (1): 81-100.
Sani, A.R. & Sudiran. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Medan. Perdana Mulya Sarana.
Sardiman. A.M. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Silberman, M. (2013). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Putaka Insan Madani.
Sudarman. (2007). Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah, Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2): 23-45
Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (1): 192-203
__________. (2014). Partisipasi Politik Masyarakat Tionghoa dalam Pemilihan Kepala Daerah, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (2): 166-175
___________. (2016), Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat, Jurnal Administrasi Publik, 6 (2): 123-136.
___________. (2017). Pemahaman Siswa Tentang Konsep Demokrasi Dalam Pendidikan Kewarganegaraan, dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 530-534
Widjajanti, B.J. (2011). “Problem Based Learning dan Contoh Implementasinya”. Dalam Sebuah Makalah presentasi. Jurusan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9526
Article Metrics
Abstract view : 767 timesPDF - 413 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9526.g9064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License