Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Mata Kuliah Teori Politik dan Demokrasi

Budi Ali Mukmin, Prayetno Prayetno

Abstract


Penerapan Model Problem Based Learning merupakan salah satu upaya yang digunakan agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran pada mata kuliah Teori Politik dan Demokrasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester satu Jurusan PPKn Fakultas Ilmu Sosial Unimed. Pemilihan Model Problem Based Learning ini didasarkan pada cakupan materi mata kuliah yang sangat erat kaitannya dengan isu-isu politik di Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (CAR) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Teori Politik dan Demokrasi melalui Model Problem Based Learning. Pendekatan penelitian menggunakan mixed approach, yaitu kualitatif deskriptif dan kuantitatif untuk melihat aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa terhadap proses pembelajarannya. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yakni, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada siklus pertama aktivitas belajar mahasiswa masih tergolong sangat rendah jika dilihat dari delapan indikator dan aktivitas belajarnya, berbanding lurus dengan nilai hasil pembelajarannya yang rata-rata 50. Setelah dilakukan refleksi, maka tindakan siklus kedua telah dilakukan dan hasilnya terjadi peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dengan kategori baik dan sangat baik jika dilihat dari delapan indikator yang telah ditetapkan. Tingginya aktivitas pembelajaran ini berbanding lurus dengan meningkatnya hasil pembelajaran yang nilai rata-ratanya 88.

Keywords


Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Penelitian Tindakan Kelas.

Full Text:

PDF

References


Ambarjaya, S B. (2012). Psikologi Pendidikan dan Pengajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta. Penerbit CAPS.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Baiduri, R. & Andayani, T. (2016). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Perkuliahan Antropologi Pendidikan, Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 2 (2) (2016): 166-174.

Halking & Mukmin, B A. (2014). Sistem Politik Indonesia. Medan. Unimed.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru.

Hidayah N. et,all. (2008). Media Visual Sebagai Penunjang Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Teori Politik dan Demokrasi. Sebuah penelitian di Program Studi Pendidikan Sejarah. Universitas Yogyakarta.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada

Kadir, A. (2013). Peranan Partai Politik dalam Menanggulangi Golongan Putih (Golput) pada Pemilihan Legislatif 2009, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1 (1): 65-75.

Kusmanto, H. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Demokasi Politik, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (1): 78-90.

Lidnillah & Aziz, M.A. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah. UPI. Bandung.

Nurfitriani, Hamrun, & Ahmad T. (2017). Pemasaran Politik Bupati Bima Terpilih pada Pilkada Kabupaten Bima Tahun 2015. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 5 (2): 71-78.

Pratiwi & Eka, A.I. (2012). Peningkatan keterampilan Berbicara Dengan Metode Debat Plus dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Parawisata Kertha Wisata Denpasar. Thesis. Pascasarjana. Denpasar. Universitas Udayana.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran FIQH dengan Problem Based Learning, Jurnal Ilmiah DIDIAKTIKA, XIV (1): 81-100.

Sani, A.R. & Sudiran. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Medan. Perdana Mulya Sarana.

Sardiman. A.M. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. (2013). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Putaka Insan Madani.

Sudarman. (2007). Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah, Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2): 23-45

Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (1): 192-203

__________. (2014). Partisipasi Politik Masyarakat Tionghoa dalam Pemilihan Kepala Daerah, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (2): 166-175

___________. (2016), Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat, Jurnal Administrasi Publik, 6 (2): 123-136.

___________. (2017). Pemahaman Siswa Tentang Konsep Demokrasi Dalam Pendidikan Kewarganegaraan, dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 530-534

Widjajanti, B.J. (2011). “Problem Based Learning dan Contoh Implementasinya”. Dalam Sebuah Makalah presentasi. Jurusan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9526

Article Metrics

Abstract view : 763 times
PDF - 412 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9526.g9064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License