http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/karmapsi

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL AKUNTANSI DAN PEMBELAJARAN?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Akuntansi dan Pembelajaran merupakan Jurnal Peer-Review yang terbit tiga kali setahun. Papaer yang terbit pada jurnal ini harus dalam lingkup Ilmu Akuntansi dan Pendidikan Akuntansi. Penulis harus mempersiapkan artikelnya sesuai template sebelum disubmit melalui sistem OJS Jurnal Akuntansi dan Pembelajaran. Setelah dilakukan pengecekan umum oleh editor, artikel selanjutnya akan dikirimkan kepada reviewer untuk di direview dan diberi rekomendasi keberterimaan artikel. instruksi terkait penyajian artikel dijelaskan pada template berikut: 


JUDUL DITULIS DALAM HURUF KAPITAL DENGAN FONT CAMBRIA UKURAN 14 CETAK TEBAL DAN TIDAK LEBIH DARI 16 KATA 

Nama Penulis 1*(Cambria Uk. 11, Cetak Tebal)

Affiliasi Penulis 1 (Cambria Uk. 11, Tidak Cetak Tebal)

Alamat Afiliasi Penulis 1

Alamat Email Penulis 1

*Penulis Korespondensi (berikan tanda demikian untuk salah satu penulis yang menjadi penulis korespondensi

 

Nama Penulis 2(Cambria Uk. 11, Cetak Tebal)

Affiliasi Penulis 2 (Cambria Uk. 11, Tidak Cetak Tebal)

Alamat Afiliasi Penulis 2

Alamat Email Penulis 2

 

Nama Penulis 3(Cambria Uk. 11, Cetak Tebal)

Affiliasi Penulis 3 (Cambria Uk. 11, Tidak Cetak Tebal)

Alamat Afiliasi Penulis 3

Alamat Email Penulis 3

 

 

ABSTRAK 

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris (sesuai preferensi penulis) dan tidak lebih dari 500 kata. Sistematika Abstrak harus melingkupi Tujuan, Metode, Hasil, dan Implikasi Kajian terhadap masalah yang dikaji. Bagian Abstrak ditulis dengan Font Cambria Uk. 11 cetak miring dengan mode Justify dan menjorok 1cm kedalam baik di bagian kanan maupun kiri. Pada bagian bawah Abstrak penulis harus menempatkan maksimal 5 kata kunci yang relevan untuk memudahkan pencarian artikel secara daring.

Kata Kunci: kata, kunci, relevan

  

PENDAHULUAN

Bagian kepala ditulis dengan huruf kapital font Cambria uk. 11. Bagian isi Pendahuluan ditulis dengan Font Cambria uk. 11. Paragraf pertama ditulis dengan alinea baris pertama menjorok ke dalam 1 cm dan dilanjutkan pada paragraf berikutnya diberi jarak 1 spasi dengan baris pertama tidak menjorok. Seluruh bagian isi artikel ditulis dengan mode justify.

Bagian pendahuluan harus secara jelas menyampaikan kesenjangan permasalahan dan tujuan penelitian baik dalam pertanyaan maupun pernyataan. Bagian ini ditulis dalam rentang 1.000-1.500 kata.

 

KERANGKA TEORITIS

Bagian kerangka teori digunakan untuk menguji atau menginvestigasi jawaban dari permasalahan penilitian secara teoritis. Jurnal Akuntansi dan Pembelajaran memuat artikel ilmiah yang menggunakan studi empiris maupun studi literatur. Sehingga, bagi penulis dengan kajian litertur bagian ini akan menjadi bagian vital dan harus dipergunakan secara substansial sehingga mampu menghasilkan hipotesa.

Sub Bagian

Setiap tulisan dengan sub bagian ditulis dengan kepala cetak tebal dan miring dengan huruf kapital di setiap awal kata. Setiap kepala tidak menggunakan penanda angka maupun huruf (1./A./a.)

 

METODE

Bagian metode menjelaskan desain penelitian baik metode, teknik penyampelan, teknik pengumpulan data, teknik analisis, dan definisi operasional penelitian. Bagian ini ditulis berdasarkan pronsip keutuhan, tidak ada konten baku. Penelitian dengan studi literatur mungkin saja mengurangi beberapa konten yang tidak relevan. Sehingga jika dipandang sudah memenuhi  aspek ilmiah dalam menjawab permasalahan yang diajukan maka sudah memenuhi kriteria publikasi.

 

HASIL DAN DISKUSI

Bagian ini akan mengungkapkan berbagai temuan penelitian baik berbasis data maupun studi literatur. Baiknya bagian ini ditulis secara informatif dan atraktif sehingga menarik minat pembaca. Peneliti dengan data kuantitatif dapat memanfaatkan penggunaan tabel dan diagram. Setiap pembahasan harus dilandasi kajian teori dari literatur fundamental maupu temuan penelitian terakhir sehingga tampak artikulasi dan kontribusi studi yang dilakukan dengan studi-studi sebelumnya dan perkembangan studi yang sedang terjadi.

Tabel ditulis dengan judul menggunakan mode center cetak tebal dengan font Cambria uk. 11 menggunakan kapital di setiap awal kata dan meggunakan penomoran tabel yang urut. Konten dan desain tabel sesuai agenda penulisan penulis dan ukuran font disesuaikan dengan ruang tabel yang tersedia dengan rentang ukuran 9-11.

Tabel 1. Hasil Penelitian (Contoh) 

No

Hipotesis

Koefisiean

Status

 

A --> B

---

---

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar dilengkapi dengan judul menggunakan mode center cetak tebal dengan font Cambria uk. 11 menggunakan kapital di setiap awal kata dan meggunakan penomoran tabel yang urut. Judul Gambar diposisikan di bagian bawah gambar. Konten dan desain gambar sesuai agenda penulisan penulis dan ukuran font disesuaikan dengan ruang yang tersedia dengan rentang ukuran 8-11. Gambar harus diposisikan di bagian tengah. Gambar dapat pula ditempatkan di bagian kerangka berpikir, model penelitian, maupun hasil penelitian.

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Kesimpulan ditulis dengan ringkas mengacu pada jawaban masalah yang didapat dari hasil penelitian. Jawaban tersebut harus dikaitkan dengan implikasi praktis dan teoritis sehingga menghasilkan rekomendasi pada pihak-pihak berkepentingan dan rekomendasi penelitian selanjutnya. Bagian ini di tulis sebaiknya tidak lebih dari 750 kata.

Secara keseluruhan setiap artikel di anjurkan tidak lebih dari 8.000 kata dan memaksimalkan bobot penggunaan kata pada bagian kerangka teoritis dan pembahasan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka ditulis menggunakan APA Style dengan baris kedua menjorok ke dalam 1 cm menggunakan font Cambria uk. 10 dan mode justify. Referensi harus merupakan sumber primer/aslinya (tidak mengutip dari kutipan artikel lain) yang merupakan buku teks, artikel ilmiah, ataupun majalah ilmiah. Sebaiknya referensi merupakan pustaka fundamental (buku teks fundamental) dan artikel dari jurnal major yang fundamental dan yang terbaru. Penulisan referensi di urut berdasarkan Abjad. Tim Editor menganjurkan penulis untuk menggunakan reference manager seperti: Mendeley, EndNote, Xnote, dsb

Apostolou, B., Dorminey, J. W., Hassell, J. M., & Hickey, A. (2019). Accounting education literature review (2018). Journal of Accounting Education. (Contoh-Artikel Terbaru)

Ball, R., & Brown, P. (1968). An empirical evaluation of accounting income numbers. Journal of accounting research, 159-178. (Contoh-Artikel Fundamental)

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing. (Contoh-Buku Teks)

Sougiannis, T. (1994). The accounting based valuation of corporate R&D. TheAccounting review, 44-68. (Contoh-Artikel dari Jurnal Major)

Stout, D. E. (2018). Further things I have learned… Selected reflections about publishing in accounting education. Issues in Accounting Education33(3), 67-84. (Contoh-Artikel Terbaru)

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.