PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MYOB SISWA KELAS XIIAKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDANTAHUN PELAJARAN 2017/2018

Fitriana Butar-Butar, Dede Ruslan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar MYOB yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Jobsheet lebih tinggi dibanding hasil belajar MYOB yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Jobsheet siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 155 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan control yang masing- masing berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi digunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 62,83 dan 84 dengan standar deviasi yaitu 8,57 dan 8,03. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 61,17 dan 72,33 dengan standar deviasi yaitu 10,48 dan 6,91. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung=6,51 dan ttabel=1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung> ttabelyaitu 6,51> 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung>ttabelmaka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar MYOB yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Jobsheetlebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar MYOB yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Jobsheetpada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 590 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.