PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK BM BUDI AGUNG MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Riri Antika, La Hanu

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Syndicate Group lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X AK di SMK BM Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X AK. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah tes hasil belajar. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t.Hasilpenelitianmenunujukanbahwa hasil belajarakuntansi di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre-testdan post-test yaitu 34,167 dan 74,167. Sedangkan hasil belajar di kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 32,833 dan 70,333. Pengujian hipotesis dari hasil post-test diperoleh thitung= 2,018 dan ttabel= 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka disimpulkan thitung> ttabelyaitu 2,018 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan jika thitung> ttabelmaka hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X AK di SMK BM Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran2016/2017.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.