ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ISLAMIC SOCIAL REPORTING PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2015-2017

Munawir Munawir, Reza Hanafi Lubis

Abstract


Islamic Social Reporting adalah indeks pengungkapan tanggung jawab yang indikatornya berbasis pada prinsip-prinsip Islam. Dalam penelitian ini pengukuran tingkat pengungkapan ISR di teliti pada perusahaan yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah secara berturut-turut pada tahun 2015-2017. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Islamic Social Reporting (ISR). Faktor-faktor yang digunakan yaitu ukuran perusahaa dan profitabilitas. Pengukuran ISR mengunakan item pengungkapan kategori ISR yang dilihat pada laporan tahunan perusahaan dan laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah pada tahun 2015-2017. Secara keseluruhan total sampel yang digunakan sebanyak 90 sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 19. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial faktor ukuran perusahaan, tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan ISR pada laporan tahunan perusahaan. Namun, faktor lainnya yaitu profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan ISR. Secara simultan, ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan ISR.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.