MINIRISET PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI DAN PENERAPANNYA DI KELAS X SMAN 1 LEMBAH MELINTANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan produk perangkat pembelajaran Akuntansi SMA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi persamaan dasar akuntansi dan penerapannya dikelas X SMAN 1 Lembah melintang dengan karakteristik kurikulum 2013, 2) menganalisis kelayakan perangkat pembelajaran Akuntansi SMA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi persamaan dasar akuntansi dan penerapannya dikelas X SMAN 1 Lembah Melintang , dan 3) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 1 Lembah melintang menggunakan perangkat pembelajaran akuntansi SMA berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminateyang dikemukakan oleh Thiagarajan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, Lembar Penilaian Kinerja, dan LKS dengan pedoman pada Permendikbud RI nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah serta Permendikbud RI nomor 104 tahun 2014 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pengumpulan data prestasi belajar siswa pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian kinerja dan aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran akuntansi SMA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi persamaan dasar akuntansi dan penerapannya kelas X SMAN 1 lembah melintang dengan karakteristik kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan komponen pembelajaran scientific dengan modelProblem Based Learning (PBL) disertai metode percobaan menggunakan teori belajar Bruner, Konstruktivisme, dan Piaget, 2) perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi permaan dasar akuntansi dan penerapannya dikelas X SMAN 1 lembah melintang layak digunakan dengan kategori sangat baik berdasarkan (a) hasil penilaian validasi oleh dosen ahli, guru, dan peer review, (b) hasil penilaian siswa terhadap pembelajaran pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan, dan (c) hasil penilaian guru pada tahap penyebaran, 3) implementasi perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 1 lembah melintang mengalami peningkatan sebesar 13,17 %.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 418 timesPDF - 542 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.