PENERAPAN MODEL CIRCUIT LEARNING DENGAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Alfi Rahmah, Ali Fikri Hasibuan

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemandirian dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta YAPIM Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Circuit Learning dengan Metode Pembelajaran Drill. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Circuit Learning dengan Metode Pembelajaran Drill. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes dan Lembar Angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemandirian siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki kemandirian yang sangat mandiri, 3 siswa masuk dalam kategori mandiri dengan persentase 10%, 22 siswa masuk dalam kategori cukup mandiri dengan persentase 73,3%, 5 siswa masuk dalam kategori belum mandiri dengan persentase 16,7% dan tidak ada siswa masuk dalam kategori sangat tidak mandiri. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 9 siswa dengan persentase 30% kemandirian yang sangat mandiri, 19 siswa masuk dalam kategori mandiri dengan persentase 63,3%, 2 siswa masuk dalam kategori cukup mandiri dengan persentase 6,7%, tidak ada siswa masuk dalam kategori belum mandiri dan sangat tidak mandiri. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 20 siswa (66,7%) yang tuntas menjadi 28 siswa (93,3%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥ 70.

Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Circuit Learning dengan Metode Pembelajaran Drill dapat Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada materi Mengelola Kartu Asset Tetap di Kelas XI Akuntansi SMK Swasta YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 440 times
PDF - 1920 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.