UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMPN 2 SAWOO KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Novita Erliana Sari, Yuliani Yuliani, Yuni Mariani Manik

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis apakah dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMPN Sawoo Kabupaten Ponorogo kelas 7B semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 pada KD 3.2 Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan social budaya, Sub bab Interaksi Sosial dengan KKM 70. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan menggunakan 2 siklus tiap siklus 1 pertemuan waktu 2 x 40 menit, apabila siklus pertama belum berhasil maka dilanjutkan pada siklus kedua sampai ditemukan perubahan yang nyata setelah dilakukannya tindakan dengan penerapan model discovery learning dikelas tersebut. Hasil penelitian ini menggambar adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, ini dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah siswa yang aktif dan perolehan hasil belajar pada tiap siklus yang berada di atas KKM atau sama dengan KKM semakin banyak.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.