PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Yakub Cristoper Nainggolan, Andri Zainal

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa di SMK Negeri 6 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ROPES lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar yang diajar dengan Metode Konvensional pada materi Aktiva Tetap pada siswa kelas XII AK di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jln. Jambi No. 23 D Medan, Pandau Hilir, Kec. Medan Perjuangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas XII AK-2 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa dan kelas XII AK-3 terdiri dari 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung > t tabel pada α =

0,05. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X2 = 50,66 ; SD = 9,44 dan postes X2 = 77,66 ; SD = 11,35. Sedangkan kelas kontrol pretest X2= 48,06; SD = 8,72 dan postest adalah X2 = 63,87;SD = 10,46. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 4,978 sedangkan ttabel = 1,6705. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,978>1,6705 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian hasil belajar akuntansi yang diajar menggunakan model pembelajaran ROPES lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode Konvensional pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 khususnya pembahasan materi Aktiva Tetap.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.