PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 11 MEDAN T.A 2017/2018

Nurul Hidayah, Dede Ruslan

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan. untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solvingdengan metode pembelajaran Drill dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving pada sisa kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan dikelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan yang beralamat di Jalan Pertiwi No. 93 Medan. waktu penelitian dilakukan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang berjumlah 145 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas XII IPS 3 (Eksperimen 1) yang berjumlah 30 orang dan XII IPS 4 (Eksperimen 2) yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar akuntansi adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban.Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean, standar deviasi an varans. Dari hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 yang menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Metode Pembelajaran Drill 86,33 dengan standar deviasi 7.64 dan nilai rata-rata kelas ekesperimen 2 yang menggunakan Model Pembelajaran Creative 78,66 dengan standar deviasi 7,30. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan data, hipotesis yang diperoleh thitung = 4,107 dan ttabel = 1.671. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 4,107 > 1.671 dengan kata lain Ha diterima dan H0 di tolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan hasil belajar akuntansi pada materi jurnal khusus dan buku besar pembantu dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan metode pembelajaran drill lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving pada kelas XII IPS SMA Negeri11 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.