ANALISIS PENGARUH PERSONALIA, PRODUK, HARGA, LOKASI, PROMOSI DAN PRESENTASI ( RETAILING MIX ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Swalayan Alfamidi Jl.MT. Hariyono Madiun)

Heny Sidanti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh data penjualan Swalayan Afamidi di Jl. MT. Hariyono Madiun yang mencapai laba pas-pasan untuk biaya operasional dan membayar karyawan, selain karena terdapat tiga kompetitor yang cukup terkenal yaitu Swalayan waralaba Alfamart, Indomaret, dan Samudera, juga disebabkan Swalayan ini belum menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan terukur. Baru pada tahun berikutnya Swalayan Afamidi Jl. MT. Hariyono dapat bertahan bahkan memenangkan persaingan, yang salah satu strategi diantaranya dengan memperbaiki strategi bauran pemasaran eceran.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk di Swalayan Afamidi jl. MT. Hariyono Madiun. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif corelasional tentang profil responden, bauran pemasaran eceran, dan analisis kualitatif menggunakan analisis regresi linier berganda.

Variabel Personalia memiliki pengaruh yang paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 0,203, kemudian diikuti oleh variabel harga sebesar 0,195, variabel lokasi sebesar 0,175 dan variabel presentasi sebesar 0,017. Sedangkan variabel produk (-0,014), dan promosi (-0,113) pengaruhnya negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Pengujian hipotesis menggunakan Uji F (uji simultan) dapat diketahui bahwa variabel Personalia, Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan Presentasi, memang layak untuk menguji variabel terikat berupa keputusan pembelian. Angka adjusted R Square menunjukkan bahwa hanya 19,5% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan dengan keenam variabel tersebut, sedangkan sisanya sebesar 80,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar keenam variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kemudian melalui Uji t (uji parsial) menunjukkan bahwa dari keenam variabel tersebut, hanya ada tiga variabel, yakni personalia, harga, dan lokasi yang terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel Terikat yaitu keputusan pembelian, sedangkan tiga variabel lainnya pengaruhnya tidak kuat.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.