PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MASTERY LEARNING STRATEGY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Mastery Learning Strategy dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Small Group Discussion pada siswa kelas XI AK SMK Swasta Harapan Stabat. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Ak berjumlah 61 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling dimana setiap kelas diambil 26 siswa. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh t"#$%&' sebesar = 3,270 sedangkan t$()*+ sebesar = 1,676 pada taraf α = 0,05 dan interval kepercayaan 95% dengan dk = 50 dengan demikian t"#$%&' > t$()*+ yaitu 3,270 > 1,676 artinya H0ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Problem Based Learning Problem Based Learning dengan Mastery Learning Strategy lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI AK dengan sub materi memproses entry jurnal di SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 218 timesPDF - 152 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.