PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JORLANGHATARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Stephany Rosinar Hutabarat, Andri Zainal

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK di SMK Negeri 1 Jorlanghataran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran LC7E lebih tinggi dari pada hasil belajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Jorlanghataran T.P 2017/2018.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jorlanghataran yang beralamat di Jalan Besar Parapat kecamatan Jorlanghataran kabupaten Simalungun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi  SMK Negeri 1 Jorlanghataran Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 52  orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Samplingyang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol masing-masing kelas diambil 23 orang. Tehnik pengumpulan data dengan test soal pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang dikutip dari buku paket sehingga soal sudah dianggap baku dan tidak perlu divalidkan lagi. Sedangkan teknik analisis data dengan analisis dua beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 7Elebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dengan dk = n+ n– 2 diperoleh thitung > ttabel  (4,05 > 1,673), berarti Hditolak dan diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7Elebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas kelas XII Akuntansi  SMK Negeri 1 Jorlanghataran Tahun Pembelajaran 2017/208.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.