PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAN TANJUNG MORAWA T.P 2016/2017

Desni Angni Harahap, Effi Aswita Lubis

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII IPS MAN Tanjung Morawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Centered Learning dan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas XII IPS MAN Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPS MAN Tanjung Morawa yang beralamat di Jl. Limau Manis Desa Medan Senembah, Tanjung Morawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang terdiri dari 2 kelas, dengan jumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Random Sampling, yaitu sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.

Dari hasil penelitian ditemukan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih tinggi yaitu 85,30, standar deviasi 8,07. Sedangkan hasil analisis data diperoleh nilai rata- rata yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation adalah 71,50 dan standar deviasi sebesar 7,80. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar 3,136 sedangkan ttabel sebesar 1,684 , α= 0,05 dengan taraf signifikan = 95%, maka thitung > ttabel dengan kata lain Ha diterima Ho ditolak.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas XII IPS MAN Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.