ANALISIS KESESUAIAN MATERI PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP KURIKULUM 2013 (EDISI REVISI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi pada buku
teks bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar pada silabus bahasa
Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi revisi) dengan indikator
penilaian pada aspek relevansi, konsistensi, dan kecukupuan materi.
Objek penelitian ini adalah silabus kelas VII SMP dan buku teks bahasa
Indonesia kelas VII SMP Kurikulum 2013 (edisi revisi). Instrumen
penelitian ini adalah lembar penilaian kesesuaian materi dengan
Kompetensi Dasar pada silabus berdasarkan aspek relevansi, konsistensi,
dan kecukupan. Hasil analisis kesesuaian materi pada buku teks bahasa
Indonesia dengan Kompetensi Dasar secara keseluruhan skor indikator
penilaian pada aspek relevansi 91,66% termasuk kriteria sangat baik,
aspek konsistensi 86,9% dan 96,42% termasuk kriteria sangat baik, dan
pada aspek kecukupan termasuk kriteria sangat baik 96,42% termasuk
kriteria sangat baik dan 96,42% termasuk kriteria sangat baik.
Artinya, kesesuaian materi pada buku teks bahasa Indonesia dengan
Kompetensi Dasar pada silabus kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi
revisi) berdasarkan aspek relevansi, konsistensi, dan kecukupan termasuk
dalam kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa buku teks
bahasa Indonesia kelas VII SMP Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sangat baik dan dapat dijadikan
sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Kata kunci: Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia, Kompetensi Dasar,
Relevansi, Konsistensi, dan Kecukupan
teks bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar pada silabus bahasa
Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi revisi) dengan indikator
penilaian pada aspek relevansi, konsistensi, dan kecukupuan materi.
Objek penelitian ini adalah silabus kelas VII SMP dan buku teks bahasa
Indonesia kelas VII SMP Kurikulum 2013 (edisi revisi). Instrumen
penelitian ini adalah lembar penilaian kesesuaian materi dengan
Kompetensi Dasar pada silabus berdasarkan aspek relevansi, konsistensi,
dan kecukupan. Hasil analisis kesesuaian materi pada buku teks bahasa
Indonesia dengan Kompetensi Dasar secara keseluruhan skor indikator
penilaian pada aspek relevansi 91,66% termasuk kriteria sangat baik,
aspek konsistensi 86,9% dan 96,42% termasuk kriteria sangat baik, dan
pada aspek kecukupan termasuk kriteria sangat baik 96,42% termasuk
kriteria sangat baik dan 96,42% termasuk kriteria sangat baik.
Artinya, kesesuaian materi pada buku teks bahasa Indonesia dengan
Kompetensi Dasar pada silabus kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi
revisi) berdasarkan aspek relevansi, konsistensi, dan kecukupan termasuk
dalam kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa buku teks
bahasa Indonesia kelas VII SMP Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sangat baik dan dapat dijadikan
sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Kata kunci: Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia, Kompetensi Dasar,
Relevansi, Konsistensi, dan Kecukupan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v7i2.10839
Article Metrics
Abstract view : 1957 timesPDF - 683 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Atika Sadariah Nasution, Azhar Umar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License