Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan efektivitas model
pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks
prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun
Pembelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan sebanyak 361 orang.Sampel
diambil secara acak sebanyak 72 orang, 36 orang untuk kelas
eksperimen dan 36 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah tes menulis teks prosedur kompleks dalam bentuk
esai. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,28 sedangkan untuk
kelas kontrol adalah 70,14. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa
nilai rata-rata kemampuan menulis teks prosedur kompleks lebih
tinggi daripada kelas kontrol. Ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh
hitung tabel t t yaitu 6,14>2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif terhadap
kemampuan menulis teks prosedur kompleks daripada model
pembelajaran ekspositori.
Kata Kunci: efektivitas, model pembelajaran berbasis masalah, teks
prosedur kompleks.
pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks
prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun
Pembelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan sebanyak 361 orang.Sampel
diambil secara acak sebanyak 72 orang, 36 orang untuk kelas
eksperimen dan 36 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah tes menulis teks prosedur kompleks dalam bentuk
esai. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,28 sedangkan untuk
kelas kontrol adalah 70,14. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa
nilai rata-rata kemampuan menulis teks prosedur kompleks lebih
tinggi daripada kelas kontrol. Ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh
hitung tabel t t yaitu 6,14>2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif terhadap
kemampuan menulis teks prosedur kompleks daripada model
pembelajaran ekspositori.
Kata Kunci: efektivitas, model pembelajaran berbasis masalah, teks
prosedur kompleks.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i4.1628
Article Metrics
Abstract view : 198 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Monalisa Frince S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License