Efektivitas Model Pembelajaran SETS (Science Environment Technology and Society) Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan Tahun pembelajaran 2013/2014

Nova Sulistia Sulistia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran manakah
yang lebih efektif antara model SETS atau model Konvensional dalam
meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP
Dharma Patra Pangkalan Berandan Tahun pembelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Dharma Patra Pangkalan Berandan dengan jumlah 150 siswa dan yang
menjadi sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel
dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil
populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model
desain penelitian posttest only control group design. Di dalam desain ini
pengukuran dilakukan dengan membeikan post-test pada dua kelas yang
berbeda yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan untuk menjaring data adalah tes kemampuan menulis naskah
drama. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen
dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model
SETS = 80,5, standar deviasi=8,5, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol
dengan model konvensional = 69,33, standar deviasi=7,92. Dari hasil uji
t yaitu diperoleh thitung>ttabel 5,21 > 2,00. Oleh karena itu, hipotesis
alternatif (Ha) diterima.
Kata kunci: Efektivitas, model, SETS (Science Environment Technology
and Society, naskah drama

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i4.1629

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Nova Sulistia Sulistia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License