Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivisme Siswa SMP Negeri 43 Medan

Sri Fajar Ningsih

Abstract


Penelitian ini berupaya untuk mengatasi permasalahan dalam proses belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan penggunaan pendekatan konstruktivisme dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis laporan pada pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah secara umum dapat memberikan solusi pada dunia pendidikan secara luas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk menjaring data adalah menggunakan instrument observasi aktivitas belajar, instrument tes hasil belajar/evaluasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan belajar siswa dalam setiap siklus baik aktivitas belajar maupun hasil tes belajar siswa. Absensi kehadiran siswa selalu mencapai 100%. Aktivitas belajar siswa terus meningkat dari pra siklus 1,87 menjadi 2,12 pada siklkus I dan meningkat menjadi 3,00 pada siklus II dan  hasil belajar nilai rata-rata kelas 70,23 pada pra siklus, siklus I mencapai 79,04, dan siklus II naik menjadi 81,85 . Jadi, dari siklus I ke siklus II naik dari 69,1% menjadi 83,33% (target pencapaian KKM di atas 75 untuk materi ini tercapai. Artinya Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivisme dapat meningkatkan aktivitas belajar dan tes hasil belajar siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 43 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018
 
Kata kunci: Belajar, Menulis, laporan, kontruktivisme

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18367

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF - 431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sri Fajar Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License