ANALISIS SOAL BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, DAN XII BERDASARKAN KLASIFIKASI LEVEL KOGNITIF SMK-TR SINAR HUSNI

Rizki Shofia Nadila, Syamsul Arif

Abstract


Klasifikasi level kognitf merupakan alat yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa berdasarkan dimensi proses berpikir Taksonomi Bloom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendistribusian, jumlah, dan persentase level kognitif pada soal ujian semester genap kelas X dan XI, ujian sekolah kelas XII SMK-TR Sinar Husni. Berdasarkan hasil penelitian, soal kelas X, XI, dan XII memiliki 5, 6, dan 1 soal level LOTS proses berpikir mengingat. Level kognitif MOTS pada soal kelas X terdapat 2 proses berpikir memahami dan 3 proses berpikir mengaplikasi. Soal kelas XI memiliki 1 proses berpikir memahami dan 3 proses berpikir mengaplikasi. Soal kelas XII memiliki 29  proses berpikir memahami dan 18 proses berpikir mengaplikasi. Tidak terdapat level kognitif HOTS pada kelas X. Soal kelas XI dan XII memiliki 1 dan 2 level kognitif HOTS proses berpikir menganalisis. Soal kelas X berjumlah 5 soal atau 50% LOTS, 5 soal atau 50% MOTS. Soal kelas XI berjumlah 6 soal atau 60% LOTS, 3 soal atau 30% MOTS, dan 1 soal atau 10% HOTS. Soal kelas XII berjumlah 1 soal atau  2% LOTS, 47  soal atau 94% MOTS, dan 2 soal atau 4% HOTS. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru lebih banyak memuat level kognitif rendah dan menengah serta belum memasukkan semua dimensi proses berpikir. Guru harus lebih banyak memasukkan soal kemampuan berpikir tingkat tinggi.  Kata kunci : HOTS, LOTS, MOTS, Kognitif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18568

Article Metrics

Abstract view : 517 times
PDF - 5949 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizki Shofia Nadila, Syamsul Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License