EFEKTIVITAS METODE PEMODELAN TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF OLEH SISWA KELAS IX MTs RIYADHUS SALIHIN SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011
Abstract
Pemodelan dalam pembelajaran adalah suatu metode yang menghadirkan suatu acuan atau sesuatu yang dibuat untuk dapat diamati atau ditiru langsung oleh siswa dalam proses pembelajaran. Guru bukan satu-satunya model. Model dapat dirancang oleh guru dengan melibatkan siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes hasil belajar menulis paragraf deduktif berbentuk karangan/tulisan. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pretes dan postes. Berdasarkan teknik analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diterapkan perlakuan pembelajaran metode pemodelan dan ceramah memiliki rata-rata nilai hasil belajar masing-masing adalah 49 dan 48,75 yang tergolong masih rendah. Hasil postes siswa kelas eksperimen setelah digunakan pembelajaran metode pemodelan memiliki rata-rata nilai hasil belajar 79 yang tergolong tinggi sebab rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol setelah diberikan perlakuan menggunakan metode ceramah memiliki rata-rata nilai hasil belajar 62,75 yang tergolong masih rendah. Hasil uji hipotesis adalah membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 5,622 > 1,686, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa metode pemodelan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf deduktif pada siswa kelas IX MTs Riyadhus Salihin Sunggal tahun pembelajaran 2010/2011.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v1i1.213
Article Metrics
Abstract view : 2359 timesPDF - 19 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 SYAHDI AZHARI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License